Tahap Demi Tahap Cara Mengikuti Kontes Desain Logo di 99designs


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Di dalam mengikuti kontes desain logo di situs 99designs desainer harus memiliki perencanaan atau panduan untuk mengikuti kontes desain logo yang sedang berlangsung. Ada 11 tahapan yang telah saya rangkum untuk dilalui oleh sobat desainer agar kontes yang diikuti bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Dari 11 tahapan tersebut saya coba untuk jelaskan satu per satu:
  • Tahap pertama adalah browse contest. Tahap ini desainer mencari dan memilih kontes desain logo yang sedang berlangsung, desainer bebas memilih kontes sesuai dengan selera dan keyakinan desainer dalam mengikuti kontes. Pilih kontes yang bergaransi hadiahnya.
  • Tahap ke dua yaitu membaca designs brief . Desainer harus membaca dan memahami design brief/keterangan singkat yang diberikan contest holder (pembuat kontes) dari perusahaan atau perorangan di dalam proyeknya agar para desainer mengetahui apa tujuan dari desain logo tersebut. Contest holder akan memberikan contoh dan keterangan hal-hal yang diinginkan seperti warna logo, gaya logo, dan lain sebagainya.
  • Tahap ke tiga yaitu designs research. Desainer melakukan pengkajian untuk mengolah keterangan desain singkat yang diberikan contest holder.
  • Tahap ke empat adalah reference. Desainer mengumpulkan data-data dan berbagai contoh logo usaha yang sesuai latar belakang bidang usaha dari logo yang akan dikerjakan misalkan usaha kesehatan, usaha keuangan, usaha properti, dan lain sebagainya.
  • Tahap ke lima yaitu design concept atau sketching. Desainer membuat gambar sket desain logo di kertas atau langsung di komputer, dengan konsep desain logo ini desainer akan membuat beberapa konsep desain yang sesuai dengan keterangan singkat untuk diajukan dalam kontes.
  • Tahap ke enam yaitu feedback atau umpan balik dari contest holder. Pada tahap ini desainer mengajukan beberapa konsep awal desain logo bisa disertai keterangan konsep pada desain logo yang dibuat. Contest holder akan memberikan rating/nilai pada desain yang dianggap sesuai dan memberikan feedback kepada desainer untuk dikerjakan.
  • Tahap ke tujuh adalah revisions. Desainer harus segera mengerjakan berbagai masukan dan saran dari contest holder dan segera mengirimkan kembali desain yang telah diperbarui
  • Tahap ke delapan adalah pray atau banyak berdoa agar proyek yang dikerjakan lancar dan bisa memenangi kontes desain logo.
  • Tahap ke sembilan adalah handover atau serah terima. Bila desain logo yang dibuat terpilih menjadi pemenang kontes, desainer wajib segera menyerahkan logo yang menjadi pemenang agar bisa segera diterima pemegang kontes dan uang hadiah bisa segara dicairkan.
  • Tahap ke sepuluh adalah support. Desainer juga harus sanggup mengerjakan proyek tambahan dari contest holder di luar kontes untuk berbagai keperluan lainnya.
  • Tahap ke sebelas adalah all happy. Jika kita sudah bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil yang baik, sehingga klien pun menjadi senang dan membuat testimoni yang positif terhadap desain yang telah desainer ciptakan. Juga, jangan lupa untuk bersedekah.


Ok. itulah tahap demi tahap yang harus dilalui saat memulai mengikuti kontes desain logo di 99designs hingga memenangkan kontes. Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

Silahkan memberi tanggapan Anda yang baik dan sopan, Terimakasih