5 Software Desain Grafis Gratis


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Mahalnya harga untuk membeli/berlangganan lisensi suatu software desain grafis tentu saja membuat sebagian desainer grafis merasa berat untuk memilikinya, namun hal ini tidak membuat para desainer putus asa dan berhenti untuk membuat karya. Ada beberapa alternatif software desain grafis yang bisa diunduh dan digunakan secara gratis, walaupun software gratis namun kemampuannya sangat mumpuni untuk merancang suatu desain grafis vektor maupun pixel.

Berikut ini beberapa software desain grafis yang berbasis vektor maupun berbasis pixel yang bisa membuat desainer tetap bisa eksis berkarya.

1. INKSCAPE


Inkscape adalah salah satu perangkat lunak desain grafis berbasis vektor open source/gratis terbaik, karena fitur dan alatnya yang dimiliki sangat komplit. Inkscape menyediakan mekanisme yang berguna untuk merancang gambar vektor dan membantu desainer ilustrator untuk mengembangkan desain dan tema yang menarik secara efektif.

Inkscape menyediakan alat gambar yang fleksibel dengan kompatibilitas format file yang luas. Ada banyak fitur Inkscape untuk menggambar dan memanipulasi model menggunakan alat bentuk, alat pensil, transformasi dan banyak alat lainnya. Kita bisa menyimpan file dengan banyak format seperti SVG, PNG, EPS, PDF dan masih banyak lagi.

2. GIMP


GIMP (GNU Image Manipulation Program) adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster. GIMP adalah aplikasi sumber terbuka untuk mengolah grafis Bitmap. GIMP dapat dimanfaatkan untuk membuat grafik dan logo, mengubah resolusi dan memotong foto, mengubah warna, menggabungkan berbagai macam gambar atau mengkonversi berbagai macam jenis berkas gambar.

Software GIMP ini sangat mumpuni untuk mengolah mengolah dan membuat bermacam efek grafis dan bisa dikatakan salah satu software grafis berbasis pixel yang hampir menyaingi software PhotoShop.

3. KRITA


Krita adalah salah satu perangkat lunak desain grafis gratis/open-source yang terbaik yang dikembang oleh KDE,Krita menyediakan alat desain visual profesional untuk desainer grafis profesional. Krita mendukung semua sistem operasi termasuk Windows, Linux, dan macOS.

Perangkat lunak perancangan grafis ini bagus digunakan untuk merancang seni konseptual, desain tekstur, ilustrasi, animasi, dan komik. Krita menyediakan halaman antarmuka yang dapat disesuaikan dan interaktif untuk kemudahan pengguna. Manajer sumber daya membantu mengimpor kuas dan tekstur untuk memperluas daftar alat di Krita.

Krita ini memilik tampilan dan cara kerja yang mirip dengan PhotoShop, jadi sangat membantu sekali bagi kita untuk mengolah foto dan mendesain gambar bitmap/pixel.

4. LUNACY



Lunacy adalah alat desain vektor yang kuat. Ini memungkinkan desainer, yang lebih memilih Windows, mengakses dan menghasilkan desain seperti Sketch tanpa batasan atau biaya. Pengguna bisa menyimpan/mengeksport file dalam beberapa format file seperti png, svg, jpg, pdf, bmp, gif, tif.

5. MEDIBANG


MediBang Paint Pro adalah merupakan aplikasi menggambar digital yang banyak digunakan oleh para pembuat komik manga, aplikasi ini sangat ringan  saat dioprasikan dan bisa digunakan secara gratis. Walaupun merupakan aplikasi gratisan namun aplikasi ini memiliki beragam fitur yang komplit seperti path, layer, magicwand tool, kuas, font, background dan berbagai macam lainya.

Aplikasi MediBang ini bisa diinstal ke berbagai platform Windows, iOs, Mac, dan juga tersedia dalam versi Android.

4 comments:

Silahkan memberi tanggapan Anda yang baik dan sopan, Terimakasih