Ada Hikmah di Tengah Wabah Virus Corona

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Saat ini kita umat manusia di seluruh dunia sedang mengalami satu ujian yang berat dan sangat serius menyangkut kesehatan dan keselamatan jiwa umat manusia. Sebuah wabah penyakit yang sangat mudah dan cepat menular dari satu orang penderita ke orang lainnya, wabah penyakit yang berasal dari Provinsi Wuhan, China yang dikenal dengan sebutan virus corona/covid 19.

Hampir seluruh negara di dunia mulai terserang oleh virus corona ini, berbagai macam cara dilakukan untuk mencegah virus corona ini menyebar ke tengah masyarakat. Tak terkecuali negeri kita tercinta Indonesia juga mulai dibuat kalang kabut dalam menghadapi penyebaran virus corona. Berbagai kebijakan pemerintah dikeluarkan untuk menghentikan penyebaran virus sudah hampir merata di setiap provinsi Indonesia dari social distancing hingga darurat kesehatan.


Di tengah ketidakpastian dan mencekamnya situasi saat ini, masyarakat dihimbau untuk melakukan berbagai macam kegiatan di rumah saja seperti bekerja, belajar, dan beribadah,  tidak mengadakan keramaian seperti menyelenggarakan resepsi pernikahan, seminar dan kegiatan-kegiatan yang mengundang banyak masa lainnya, pemerintah juga melarang para perantau agar tidak mudik dulu. Hal-hal ini dimaksudkan untuk memutus rantai penyebaran virus corona, walau tidak semua masyarakat bisa mematuhi himbauan dari pemerintah tersebut. Kebijakan ini tentu saja menjadi dilema tersendiri bagi masyarakat pedagang dan dunia usaha, karena jika tidak bekerja atau ke pasar tentu saja tidak ada penghasilan yang diperoleh untuk memenuhi kebutuhan keluarga di situasi yang sedang sulit ini.

Untuk masyarakat umum berdiam diri di rumah bersama keluarga menjadi pilihan terbaik untuk saat ini, karena dengan cara ini kita sudah turut andil dalam pencegahan dampak virus corona agar tidak meluas. Biarlah pemerintah dan paramedis yang bekerja dilapangan, kita bisa membantu do'a dan mensuport mereka dengan memberi semangat dan berbagai bantuan lainnya yang dibutuhkan paramedis.

Ada hikmah di balik wabah



Tentu ada hikmah di dalam datangnya wabah virus corona kali ini, sebagai umat beragama tentu saja kita meyakini ini bahwa virus corona ini adalah sebuah teguran bagi umat manusia yang mungkin saja telah lalai dan mulai melupakan_Nya. wallahu a'lam bish shawab.

Bagi saya dan keluarga yang juga mengikuti anjuran pemerintah untuk #dirumahaja situasi sekarang menjadi suatu peristiwa yang tidak boleh dilalui begitu saja, dengan kejadian ini sebagai orang tua harus bisa lebih membersamai anak-anak dalam berbagai hal. Berbagai macam kegiatan yang bersifat positif harus selalu dilakukan dan diajarkan kepada anak-anak, sedari bangun subuh untuk melaksanakan sholat shubuh berjamaah di rumah, tetap mandi pagi-pagi, ikut memasak untuk sarapan, lalu tetap belajar dan mengerjakan tugas-tugas dari sekolah, lalu belajar mengaji di sore harinya.

Kami mencoba melewati masa-masa ini seperti hari-hari biasa sebelumnya, namun semua hanya dirumah saja. Untuk mengatasi rasa bosan saya kadang membiarkan anak-anak menonton video yang tentu saja baik untuk anak-anak, mendongengkan cerita, mengajak anak-anak untuk bersih-bersih rumah, senam pagi bersama, tetap melakukan petualangan kecil di sekitar rumah, dan berbagai kegiatan yang bersifat positif dan aman lainnya.

Seperti inilah sedikit cerita yang bisa saya bagi dengan para sobat pembaca, mari kita lalui situasi berat ini dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan terutama bagi anak-anak, jadikan ini sebagai quality time agar anak-anak dan keluarga tetap ceria. Semoga wabah virus corona ini segera cepat berlalu, perbanyak do'a dan menjaga perilaku hidup sehat. Semoga Allah segera menghilangkan wabah virus corona ini, dan kehidupan bisa kembali normal seperti sedia kala. Aamiin yaa robbal alamin...

No comments:

Post a Comment

Silahkan memberi tanggapan Anda yang baik dan sopan, Terimakasih