Tujuh Jalan Desainer Grafis Mencari Uang Lewat Internet


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Di tengah ketatnya persaingan di dalam industri kreatif atau jasa kreatif, para desainer lepas/freelancer harus bisa bertahan untuk mendapatkan penghasilan uang. Para desainer lepas dituntut harus lebih kreatif lagi dalam mempromosikan keahliannya dan lebih jeli dalam mencari peluang.

Berikut ini adalah enam cara yang telah saya rangkum yang bisa dilakukan oleh para desainer lepas untuk mendapakan penghasilan;

1. Mempromosikan jasa desain melalui akun media sosial

Cara ini adalah cara yang paling mudah dilakukan para desainer untuk menawarkan portofolio jasa kreatifnya, karena dengan cara ini portofolio yang diunggah bisa langsung dilihat oleh banyak pengguna media sosial lainnya. Akun media sosial seperti instagram, facebook, dan twitter adalah yang paling banyak digunakan untuk memposting portofolio desain kreatif dari kebanyakan desainer.

2. Menjual desain di Creative Market Place (pasar kreatif online)

Bagi para desainer kreatif menjual hasil pekerjaan desainnya secara online melalui situs-situs creative market place adalah hal yang paling banyak dilakukan, agar desain yang dipajang disitus tersebut dapat dilihat dan dibeli oleh para konsumen dari seluruh dunia. Ada banyak situs market place yang terpercaya untuk menjual karya desain seperti envanto, sutterstock, adobe stock dan masih banyak lagi lainnya.

3. Menawarkan jasa di situs-situs website freelancer

Dengan cara menawarkan jasa melalui situs-situs website freelancer, desainer bisa langsung berhadapan dengan para klien yang sedang mencari bantuan para desainer untuk mengerjakan sebuah proyek. Situs freelancer seperti peopleperhour.com, fiverr.com, elance.com bisa dijadikan pilihan untuk dicoba.

4. Mengikuti kontes desain online

Cara inilah yang paling menantang bagi para desainer, karena dengan mengikuti kontes para desainer akan diuji skill-nya untuk bersaing dengan banyak desainer dari berbagai negara. Ada banyak situs yang menyelenggarakan kontes desain yang terpercaya seperti 99design.com, logoarena.com, logomyway.com dan masih banyak lagi situs lainnya.

5. Menjadi blogger atau youtuber

Dengan menjadi blogger - youtuber para desainer grafis bisa menulis/membuat video dengan berbagai konten seputar desain grafis, tip dan triks, maupun tutorial desain. Dengan konten yang menarik dan bermanfaat akan membuat jumlah pengunjung blog/channel meningkat dan ramai dikunjungi, sehingga blog/channel bisa dimonetise-kan dengan memasang iklan dari adsense, iklan afiliasi, endors produk, dan juga donasi dari pengunjung blog.

6. Membuat toko online kaos/print out karya desain sendiri

Dengan membuat toko online ini desainer bisa menawarkan berbagai produk yang terdapat cetakan/sablon hasil karya desainer seperti kaos, mug, topi, tas, wallpaper, poster, stiker dan lain sebagainya. Membuat toko online ini bisa melalui website, fanpage facebook, instagram, atau situs jualan online.

7. Membuka kursus desain grafis online

Dengan mudahnya akses internet para desainer yang sudah berpengalaman bisa membuka kursus desain grafis secara online, desainer bisa membuka kelas privat online atau dengan cara akses situs berbayar. 

Semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment

Silahkan memberi tanggapan Anda yang baik dan sopan, Terimakasih