Cara Mengikuti Kontes Desain Logo di LogoArena


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Bagi sobat pembaca mungkin ada yang masih asing dengan salah satu situs kontes desain yang bernama LogoArena, kali ini saya akan sedikit berbagi cerita serta tips dan trik mengikuti kontes di situs LogoArena ini.

Tips dan trik kali ini tentu saja saya tujukan kepada sobat yang masih pemula saja di dalam ngontes desain logo, bagi sobat pembaca yang sudah berpengalaman dan pro bisa menambahkan pengalamannya di kolom komentar ☺☺.

Langkah Pertama

Untuk mengikuti kontes desain logo sobat harus memiliki akun sebagai desainer di situs LogoArena, berdasar pengalaman saya waktu saya mendaftar dahulu desainer wajib memiliki porfolio desain logo yang sudah diunggah di sebuah situs seperti web/blog, instagram, dribbble, behance dan lain sebagainya. Untuk saat ini desainer baru mungkin harus besabar agar akunnya bisa diterima oleh staf LogoArena.


Langkah yang ke dua

Setelah akun desainer diterima oleh staf LogoArena selanjutnya adalah mencari dan memilih kontes desain logo yang masih berlangsung, perhatikan gambar diatas. Di LogoArena kontes akan berlangsung selama 7 atau 10 hari dengan kontes tertutup (blind phase) selama satu setengah hari dan setelah itu kontes akan berlangsung secara terbuka, pada tahap memilih kontes ini sebaiknya mengikuti sejak saat blind phase agar logo bisa lebih orisinil.

Langkah ke tiga

Membaca dan memahami pentunjuk kontes (contest brief) tentang berbagai hal yang diinginkan oleh pemegang kontes dalam pembuatan desain logo yang diinginkan seperti nama untuk logo, jenis bisnis, target konsumen, warna dan lain sebagainya.

Langkah yang ke empat

Silahkan sobat membuat desain logo yang unik dan orisinil buatan sendiri dan tentu saja sesuai dengan brief, sobat bisa mendesain dengan software desain grafis CorelDraw maupun Adobe Illustrator dan dieksport ke format file JPG atau JPG dengan ukuran 350x280 pixels.

Perhatikan hal-hal berikut ini sebelum mengirim desain logo:


  • DESAINER YANG DIKETAHUI MENGGUNAKAN CLIPART ATAU ELEMEN-ELEMEN JIPLAKAN AKAN DIBERHENTIKAN DAN TIDAK AKAN PERNAH DIAKTIFKAN KEMBALI.
  • JANGAN MENGCOPY KARYA DESAINER LAIN, MESKIPUN DIMINTA OLEH PENYELENGGARA KONTES (CONTEST HOLDER).
  • SELAMA "JUDGING MODE", ANDA HANYA DIPERBOLEHKAN MELAKUKAN REVISI ATAS KONSEP YANG SUDAH ADA (BUKAN KONSEP BARU).

Langkah ke lima

Setelah sobat mengirim beberapa desain logo dengan berbagai konsep dan variasi untuk menarik perhatian pemegang kontes, sebaiknya sobat juga mengirimkan pesan pribadi (privat message) ke desain sobat karena dengan cara ini juga bisa menarik pemegang kontes agar memberikan rangking maupun saran untuk desain yang dikirim. Kirim pesan yang singkat saja misalkan " Hi, send suggestion please. Thanks!" atau jika sobat mahir bahasa inggris bisa ngobrol lebih banyak dengan pemegang kontes, jika sobat belum mahir cukup tulis ang simpel-simpel aja dan silahkan gunakan bantuan google translate jika diperlukan.


Langkah yang ke enam

Setelah sobat bekerja keras dan bersungguh-sungguh dalam membuat karya desain logo yang baik dan akhirnya sobat berhasil dipilih sebagai pemenang kontes, silahkan sobat segera mengirimkan desain logo yang dipilih pemegang kontes dalam berbagai format file yang wajib seperti EPS,PNG,JPG,SVG,PDF,AI,CDR yang disimpan dalam satu folder dan dikompres dalam bentuk ZIP. Dan langkah selanjutnya silahkan dikirimkan, perhatikan gambar di atas.

Langkah ke Tujuh

Setelah file terkirim, sobat bisa memberi tahu pemegang kontes melalui pesan ke alamat email pemegang kontes yang tertera pada page My Contest. Kalau pemegang kontes tidak menginginkan macam-macam hal lagi bisanya akan cepat segera diapprove, atau harus menunggu 7 hari desain akan otomatis diapprove.

Langkah ke delapan

Di LogoArena pencairan uang hadiah hanya bisa dilakukan melalui Paypal saja, jadi sobat harus menyiapkan akun Paypal dulu sebelum mendaftar di LogoArena.


Oke semoga tulisan singkat saya ini bisa bermanfaat dan memberi motivasi bagi sobat pembaca yang ingin menggeluti dunia kontes desain logo secara online.

No comments:

Post a Comment

Silahkan memberi tanggapan Anda yang baik dan sopan, Terimakasih