Tetap Aman Bekerja, Belajar, Bermain, dan Beribadah di Rumah


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Sobat bagaimana kabarnya? semoga kita semua bersama keluarga tetap dalam keadaan yang baik dan sehat, dijauhkan dari wabah virus corona yang sedang melanda negeri Indonesia dan seluruh dunia ini.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa pemerintah telah mengumumkan wabah virus corona ini sebagai bencana nasional. Virus corona (covid 19) ini penyebarannya sangat mudah dan cepat bahkan telah banyak menimbulkan korban jiwa masyarakat umum dan tim medis. Pemerintah juga telah mengumumkan untuk kerja dan belajar di rumah, beribadah di rumah, menjaga jarak dengan masayarakat umum serta dilarang untuk menghadiri keramaian dahulu atau disebut social distancing.

Tentu saja hal-hal tersebut membuat keresahan dan rasa was-was di dalam kehidupan bermasyarakat, di antara rasa takut terhadap wabah virus corona, memenuhi kebutuhan keluarga dan juga untuk mematuhi kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

Bagi para freelancer yang bekerja secara online tentu saja sudah terbiasa dan tetap produktif bekerja di rumah tanpa harus pergi ke tempat kerja/kantor, namun bagi yang pekerjaannya harus di lapangan atau para pedagang di pasar tentu saja ini akan sangat merepotkan. Semoga pemerintah ada solusinya supaya masyarakat tetap aman dan terjamin kebutuhannya dengan tetap mematuhi kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dalam menghadapi wabah virus corona.

Bagi anak-anak yang diharuskan belajar di rumah tentu butuh perhatian lebih agar tetap bisa nyaman belajar di rumah. Apakah para orang tua sudah betul-betul mengajari dan memperhatiakan anaknya dalam masa belajar di rumah ini? Semoga anak-anak kita tidak ketinggalan pelajaran nantinya, tentu saja dengan peran aktif para orang tua untuk mendampingi belajar dalam situasi saat ini.


Dalam menghadapi penularan wabah virus corona ini beribadah/sholat di rumah juga sudah difatwakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) hal ini tentu saja sudah sesuai aturan agama islam di saat ada dalam keadaan yang darurat.

Untuk mengurangi rasa tegang dan bosan di rumah sebaiknya kita melakukan kegiatan yang aman dan tentu saja ada manfaatnya. Usahakan tetap bermain di tempat yang aman tidak bermain di tempat yang ramai, lakukan kegiatan olahraga bersama, membacakan dongeng, bersama-sama memasak makanan sehat sendiri, nonton bareng video/film yang mendidik, melakukan petualangan kecil di sekitar lingkungan rumah, dan berbagai kegiatan yang bermanfaat lainnya.

Tetap aman bersama keluarga di rumah, Semoga wabah virus corona ini segera cepat berlalu, perbanyak do'a dan menjaga perilaku hidup sehat. Semoga Allah segera menghilangkan wabah virus corona ini, dan kehidupan bisa kembali normal seperti sedia kala. Aamiin yaa robbal alamin...

kegiatan memancing ikan di sawah agar anak-anak tidak bosan

2 comments:

  1. didaerah saya agak bandel padahal udah tahu fatwai MUI, Tapi bukannya menetap malah keliling kampung rame-rame berdoa. Duh gak tahu cara bilangin nya gimana lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangsa indonesia memang memiliki banyak kearifan lokal, dan kadang tidak masuk akal. terimaksih kunjungannya mbak

      Delete

Silahkan memberi tanggapan Anda yang baik dan sopan, Terimakasih